Minggu, 05 November 2017

DITOLAK MASUK JEPANG - PENGALAMAN PRIBADI OKTOBER 2017 WNI

PENGALAMAN pribadi Saya ini terjadi pada Bulan oktober 2017 lalu, Saya sudah merencanakan liburan ini sekitar 1 tahun yang lalu, Dan ketika tabungan Saya rasa sudah cukup sayapun segera mempersiapkan/memesan Satu persatu akomodasi yang  Saya perlukan untuk dapat mewujudkan mimpi saya untuk dapat berlibur ke negeri Sakura tersebut, dimulai dari membuat e-paspor di kantor IMIGRASI Serta ke kedubes jepang untuk meregistrasi izin masuk ke NEGARA jepang (visa waiver) setelah paspor Dan visa waiver sudah beres lalu Saya mencari tiket PESAWAT Serta hotel tempat Saya menginap nanti ketika saya berada di jepang, semua tiket PESAWAT pulang pergi Dan voucher hotel untuk 4 Hari sudah Saya bayar via transfer internet banking BCA Saya ke traveloka, jadi status semua tiket Saya sudah confirmed, lalu sambil  menunggu Hari keberangkatan  saya juga mempersiapkan itinerary (jadwal perjalanan) selama berada di jepang (tanggal-lokasi wisata-transportasi yang digunakan-biayanya-juga biaya hidup) selain semua dokumen yang diperlukan sayapun membawa uang saku yang sudah saya tukar dalam bentuk mata uang jepang yaitu 120.000 JPY, Hari keberangkatanpun tiba, saya berangkat melalui bandara internasional soekarno-hatta Serta transit di KLIA 2 dan kembali melanjutkan perjalanan via air asia untuk mendarat di bandara osaka, kansai jepang, semua berjalan biaya saja selayaknya penerbangan dan proses lainnya, masalahpun timbul ketika giliran saya maju ke area imigrasi (finger print dan foto) si petugas imigrasi  bertanya apa tujuan saya datang ke jepang? Saya jawab saya ingin berlibur, berapa lama dan sebagainya,semua saya jawab dengan tenang dan normal slayaknya orang ditanya lalu menjawab, ketika dia meminta saya menunjukkan tiket pp dan voucher hotel maka saya berikan bukti print out dari traveloka yang memang sudah saya siapkan sebelum  berangkat, mendadak mimik wajah si petugas imigrasi berubah, Dan dia berbicara kepada petugas imigrasi lainnya untuk memanggil security bandara untuk mengawal  Saya masuk ke ruang interogasi,  di ruang interogasi saya hanya duduk saja di bangku yang sudah disediakan, si petugas imigrasi lainnya sepertinya sedang mengecek seluruh dokumen saya, hingga pada pukul 01.00 Dini Hari waktu jepang Saya dibawa turun ke lantai bawah tempat pengecekan koper yang Saya bawa, setelah selesai di check Dan Aman lalu Saya kembali diarahkan ke ruangan lainnya, sambil berjalan sayapun bertanya kepada petugas imigrasi tersebut mau kemana lagi ini, Saya bilang Saya lelah Dan butuh istirahat,Saya sudah bayar hotel tolong jangan dipersulit, lalu si petugas imigrasi tersebut menjelaskan bahwa MALAM ini Saya belum diizinkan memasuki jepang, oleh karenanya MALAM ini Saya diharuskan menginap di ruang karantina bandara osaka jepang, lalu paginya jam 8 saya diinterview, dan hasilnya saya dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk bisa masuk ke negara Jepang, lalu mereka menawarkan 2 form untuk saya tanda tangani, yang satu mengenai saya menerima keputusan mereka atau yang satu lagi saya mengajukan keberatan beserta alasannya, saya mengajukan keberatan atas hasil tersebut dan menandatangani form keberatan, lalu saya diperintahkan untuk kembali ke kamar karantina, jam 11 siang saya didatangi orang imigrasi lainnya dan dia bertanya mengenai alasan saya keberatan, setelah saya jawab dia bilang nanti jam 2 siang interview lagi dengan pihak imigrasi, kali ini yang interogasi saya 2 orang berbeda dari sebelumnya, setelah 1 jam interogasi saya disuruh kembali ke ruangan saya untuk menunggu hasil putusan interview saya yang kedua, jam 5 sore saya didatangi petugas untuk datang ke ruang interview untuk menerima hasil putusan terakhir, dan keputusannya saya tetap tidak memenuhi syarat untuk bisa masuk ke Jepang serta saya diperintahkan untuk segera keluar dari Jepang secepatnya, lalu saya menandatangani keputusan tersebut, disitu tertera tanggal keluar dari Jepang dan maskapai apa yang saya gunakan, setelah itu saya disuruh kembali ke ruangan karantina lagi untuk menunggu penjemputan oleh pihak maskapai penerbangan yang akan membawa saya keluar dari Jepang, sebagainya informasi tiket kepulangan pun Saya sendiri yang harus membayarnya, pihak imigrasi jepang tidak bertanggung jawab mengenai semua BIAYA yang telah Saya keluarkan, termasuk ketika di ruang karantina, BIAYA MAKAN Dan minum Saya sendiri yang membayarnya.

23 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali gan..trimakasih

    BalasHapus
  2. Jadi takut ini
    Persiapan Persis dah itu seperti yang aq siapin hadehh bedanya aq lwt narita jadi takut

    BalasHapus
  3. Gan maaf tolong tanya

    Sehabis kejadian ini gan minta visa ga? Kalo minta, dapet ga gan?

    Waktu di berikan form, nama form nya itu “surat pengakuan” bukan gan?

    Saya juga di tolak masuk gan, dan diberikan “surat pengakuan” dan “surat deportasi”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan, isinya APA Kira Kira, Dan kedutaan Japan di Indonesia bisa tidak membantu until maslah pernyataan itu.

      Hapus
  4. Sebelum berangkat kita ke kedubes jepang untuk minta registrasi visa waiver, jadi bukan ketika di jepang baru minta visa, form surat yang saya terima adalah "surat perintah meninggalkan jepang"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Joe, itu pernyataan Surat Bahasa Indonesia? Atau enjlisE. App in system random atau memang ketat tp kan semua data lengkap pp tiket Dan lainnya.

      Hapus
  5. Alesannya apa di deportasi ..

    BalasHapus
  6. Hasil wawancara tidak sesuai dengan dokumen (itinerary dsb)

    BalasHapus
  7. kok bisa ga sesuai.. emang agan jawab asal2an?

    BalasHapus
  8. Perlu diketahui bahwa itinerary saya buat sebanyak 7 halaman, dan semenjak saya mendarat semua dokumen diambil oleh pihak imigrasi, saya sudah berusaha menghapalnya, namun mereka memiliki kewenangan penuh atas hasil interview.

    BalasHapus
  9. Teman saya juga seperti itu ini saya masi nunggu di depan arrivals :(

    BalasHapus
  10. klo sudah ditolak sekali apakah visa waivernya jd di blok ya? atau next time datang lg bisa kemungkinan masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak diblok, normal saja, saat itu petugas imigrasi jepang bilang bahwa lain kali saya boleh datang lagi, namun mungkin tetap melalui proses (interogasi)

      Hapus
    2. Ini and. Dateng beli tiket lagi nanti di tolak lagi. Dan ngak dapet ganti APA apa

      Hapus
  11. Waduh banyak banget 7 halaman, saran dari saya 1 hari satu tempat saja unt penulisan perjalanan walaupun pada akhirnya mungkin berbeda
    Saya juga mau ke jpn akhir agustus

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul.. sy baru pulang minggu lalu dan lancar2 saja tidak ditanya macam2.. sy juga tidak buat itinerary.
      itinerary yg penting siapkan saja bukti menginap di hotel apa saja sampai tanggal kepulangan. itu sudah cukup.
      mungkin gara2 kasih itinerary 7 halaman malah dicurigai hehe.. saya tebak pasti bikin itinerary sangat detail, mungkin sampai per jam mau kemana saja dan naik apa saja, dan makan dimana saja.. saya rasa ini malah menunjukkan bahwa kita travelling dengan very limited budget. Jepang salah satu negara wisata termahal, pasti sangat concern dengan turis2 yang datang dgn budget pas2an terutama backpacker. Jadi jangn tunjukkan kesan seperti itu.

      Hapus
    2. Saya sharing mengenai kejadian yang saya alami sendiri. Saya tidak meminta penilaian anda yang hanya berdasarkan dugaan saja.

      Hapus
  12. same here ✋
    apa ada sarat kalo pengen ke jepang lagi setelah kjadian kayak gini?
    saya tetep pengen kesana soalnya.

    BalasHapus
  13. Semua sama, hanya perbedaannya ketika ingin kembali ke jepang maka berilah tanda centang yes pada kolom ya di kartu embarkasi yang dibagikan di pesawat. Pertanyaannya adalah "any deportation........."

    BalasHapus
  14. jadi ente masi mau coba pergi ke jepun lagi? apa males gara2 ditolak imigrasi jepun?

    BalasHapus
  15. Sy juga baru kejadian ini sdh balik jkt, masalah juga sama, tapi tidak tau apa yang salah, jadi ragu juga mau balik klu keadaanya sama juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ryan, maslahnya APA?
      Jadi di deportasi nginap 1 mlm trs besoknya balik.
      Sama seperti di atas di suruh Tanda tangan , begitu?

      Hapus
  16. Biasanya yg sering ditolak masuk yg paspor kosong. Kecuali paspor kasong tapi ikut grup tour. Travel history jadi penentu juga. Karena sdh ada cap negara2 lain jadi sy lancar aja.

    BalasHapus

ITINERARY SINGAPORE

ITINERARY SINGAPORE  25/10/2017   - BUGIS JUNCTION (pedagang aksesories) - CHINATOWN (penjual pernak-pernik) - KUIL SHRI MARIAMMAN ...